SEKOLAH BARU, SEMANGAT BARU, KHUTBAH TA’ARUF IFBS MUNGKID 2016

FB_IMG_1468743233536

Sambutan Ketua Yayasan Tarbiyatul Mukmin Pabelan dalam Khutbah Ta’aruf IFBS Mungkid

IFBS. Mungkid.Khotbah Taaruf Penerimaan Siswa Baru PPIT Ihsanul Fikri
Memasuki Tahun Ajaran baru 2016/2017, menjadi hal yang penting bagi setiap lembaga untuk memperkenalkan identitas kelembagaannya. Begitu pun dengan PPIT Ihsanul Fikri, sekolah yang mengusung sistem kepondokan ini telah menjelma menjadi sekolah yang unggul dengan memperbaiki kualitas generasinya dari tahun ke tahun.
Harapan tersebut harus ditanam sejak awal pada setiap generasi baru Ihsanul Fikri. Oleh karena itu, khutbah taaruf menjadi salah satu jalan pengenalan tentang visi misi Ihsanul Fikri kepada generasi baru beserta wali santri mereka.

FB_IMG_1468743292730

Para Wali Santri Berdoa dipimpin Ustadz Nazril

Di tahun ini PPIT Ihsanul Fikri melaksanakan Khutbah Taaruf pada hari Sabtu, 16 Juli 2016. Acara tersebut diikuti oleh setiap unit satuan pendidikan di Ihsanul Fikri, yaitu SMP IT Ihsanul Fikri, SMA IT Ihsanul Fikri, dan SMK IT Ihsanul Fikri. Siswa baru SMP IT berjumlah 220 anak yang terdiri atas 110 siswa laki-laki dan 110 siswa perempuan. Siswa baru SMA IT berjumlah 284 anak yang terdiri atas 140 siswa laki-laki dan 144 siswa perempuan. Siswa baru SMK IT berjumlah 25 anak yang seluruhnya adalah siswa laki-laki. Maka, jumlah keseluruhan siswa yang mengikuti Khutbah Taaruf PPIT Ihsanul Fikri Tahun Ajaran 2016/ 2017 adalah 529 anak.

FB_IMG_1468743181495

Sambutan Ustadz Kasban, Lc, M.S.I Al Hafidz selaku Mundir PP Ihsanul Fikri Mungkid

Rangkaian khutbah taaruf diawali dengan tilawah dan doa pembukaan oleh Ustaz Nadzir Al Hafidz. Dilanjutkan dengan sambutan mudir ma’had IFBS oleh Ustaz Akhmad Kasban, Lc., M.Si. Beliau menyampaikan terakait pentingnya dukungan orang tua terhadap anaknya selama di pondok, karena kehidupan di pondok berbeda dengan di rumah. Anak-anak diajarkan tentang kepemimpinan, kedisiplinan, adab dan penambahan wawasan keislaman serta pembiasan-pembiasaan akhlak yang baik. Sambutan ketua yayasan Ustaz Anas Aziz, M.Pd. Kemudian penyampaian tausiyah oleh Ustadz Jamaluddin, B.A, selaku pembina yayasan. Acara dilanjutkan dengan penyerahan simbolisasi santri oleh wali santri kepada pondok, yang mengartikan bahwa orang tua telah mempercayakan anaknya untuk dididik dan dikembangkan potensi kebaikannya melalui PPIT Ihsanul Fikri. Acara tersebut sekaligus menjadi penghujung acara Khutbah Taaruf.

FB_IMG_1468743243372

Sambutan Ustadz Jamaluddin, B.A selaku pembina Yayasan

Setelah khutbah taaruf selesai, acara kembali dilanjutkan dengan taaruf wali santri di unit sekolah masing-masing.
Pengenalan unit sekolah penting untuk dilaksanakan sebagai sarana membangun komunikasi antara sekolah dengan orang tua. Dengan harapan, visi misi sekolah, penanaman karakter peserta didik dan program-program sekolah yang dibawa dapat berjalan dengan baik melalui dukungan dan partisipasi dari orang tua. Sehingga, terbentuk kesinambungan antara lingkungan sekolah dan lingkungan rumah dalam hal pentingnya penanaman karakter peserta didik. Setelah selesai pengenalan di unit sekolah masing-masing, acara dilanjutkan dengan sholat dhuhur berjamaah di Masjid Mujahidin.


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *